INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA SELOKERTO.  JAM PELAYANAN KANTOR DESA SELOKERTO SETIAP HARI KERJA MULAI JAM 08.00 WIB - 16.00 WIB   HATI-HATI MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN KEPALA DESA SELOKERTO DENGAN MEMINTA NOMOR REKENING, KIRIM PULSA, TRANSFER UANG DAN LAIN-LAIN.   SEGERA HUBUNGI KANTOR DESA SELOKERTO JIKA ADA MODUS TERSEBUT.   SELOKERTO SEMAR...!!!   SEHAT..!! AMAN..!!  RELIGI..!!

Profil Umum

Profil Umum

Profil Umum

Desa Selokerto adalah satu desa dari enam belas desa di kecamatan Sempor kabupaten Kebumen, yang secara geografis berada paling selatan dan berbatasan langsung dengan kota gombong.

Dengan luas wilayah 1,48 Km2, Desa Selokerto berada di -7,690 LS dan 109,5290 BT. Penduduk Desa Selokerto berjumlah 5.127 jiwa, dengan rincian jumlah penduduk laki-laki 2.554 jiwa dan perempuan 2.573, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 3.464/km2.

 

          Jumlah Kelembagaan di desa Selokerto cukup lengkap yaitu dari BPD, LPMD, KPMD, BUMDES, RW, RT, Karang Taruna, PKK, Linmas dan Organisasi RELAWAN DESTANA ( Desa Tangguh Bencana ). Di Desa Selokerto ada     4 RW dan 25 RT. Semua tersebar di 4 Dusun yaitu Dusun Kruwed, Dusun Legok, Dusun Selokerto dan Dusun Jetis. Disamping Dusun ada juga pedukuhan yaitu, Dukuh Raolah, Karangkemiri, Kemasan, Meton, Pasiran dan Kedompon.

 

Penduduk Desa Selokerto sebagian besar bermatapencaharian di sektor swasta, diantaranya Karyawan, Pedagang, Wiraswasta dan Buruh Harian Lepas. Hanya kisaran kurang dari 10% penduduknya sebagai petani. Meskipun demikian peetanian di Desa Selokerto sudah cukup baik dengan aktifnya Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A).

 

A.   Kondisi Geografis Desa Selokerto

Dilintasi jalur kereta api dan jalan protokol yang sangat ramai, membuat desaku semakin berbeda dengan desa lainnya. Dan mungkin karena sebab inilah maka berdiri industri pengolahan, perhotelan, restoran, perbankan, universitas, rumah sakit, transportasi dan sektor swasta lainnya. Sadar akan pesatnya kemajuan jaman dan masuk kategori desa mandiri desaku mulai berbenah, dari pelayanan administrasi kependudukan online sampai pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di Kantor Desa.

Desa Selokerto berada didataran rendah yang sarana dan prasarananya sangat mendukung bagi masyarakat untuk melakukan berbagai macam aktifitas untuk meningkatkan ekomoni. Karena Dea Selokerto berbatasan dengan desa dan kelurahan yang berada di jalan jalur lintas selatan Jawa ( Pansela )

Sebelah selatan berbatasan dengan desa Wonoyoso kecamatan kuwarasan, desa Semampir kecamatan Buayan dan desa Semondo kecamatan Gombong. Untuk sebelah barat berbatasan dengan desa Purbowangi kecamatan Buayan dan desa Sidoharum kecamatan Sempor.

Sebelah utara berbatasan dengan desa Jatinegara kecamatan Sempor dan desa Semanding kecamatan Gombong. Sebelah timur berbatasan dengan kelurahan Wonokriyo kecamatan Gombong.

Desaku memang sudah terkenal sejak dulu. Menjadi salah satu desa pengrajin tembaga yang cukup ternama sampai luar kabupaten, dengan spesialisasi pembuatan alat rumah tangga berupa dandang, kenceng, subluk, ceret dan jadhi.

Kuliner khas yaitu soto gombongpun yang masih eksis sampai sekarang juga berasal dari desaku.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Teks Berjalan

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2