INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA SELOKERTO.  JAM PELAYANAN KANTOR DESA SELOKERTO SETIAP HARI KERJA MULAI JAM 08.00 WIB - 16.00 WIB   HATI-HATI MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN KEPALA DESA SELOKERTO DENGAN MEMINTA NOMOR REKENING, KIRIM PULSA, TRANSFER UANG DAN LAIN-LAIN.   SEGERA HUBUNGI KANTOR DESA SELOKERTO JIKA ADA MODUS TERSEBUT.   SELOKERTO SEMAR...!!!   SEHAT..!! AMAN..!!  RELIGI..!!

ADAT ISTIADAT DESA SELOKERTO - DUKUH KARANG KEMIRI

ADAT ISTIADAT DESA SELOKERTO - DUKUH KARANG KEMIRI

Slametan Dukuh Karang Kemiri

 

Dibulan Asyura atau Muharram seperti biasanya banyak masyarakat kita melaksanakan kegiatan sedekah bumi ataupun slamatan sebagai wujud rasa syukur dan berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa diawal tahun dalam kalender jawa atau Hijriyah.

 

Seperti halnya salah satu kegiatan rutin tiap tahun dibulan Syuro oleh warga Selokerto yaitu "Slametan" dukuh di Karang Kemiri RT 02 RW 2. Dengan mengambil latar petilasan di halaman yang dekat dengan sungai dan jalan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan membuat Nasi tumpeng dan menyembelih seekor kambing, kemudian Kambing tersebut dimasak bersama sama oleh warga dan kepala kambing ditanam disebelah panambahan sebagai rasa wujud rasa syukur kepada para leluhur dukuh Karangkemiri.  Tanpa bermaksud "Musyrik" karena sejatinya kegiatan ini sebagai Napak tilas Leluhur kita dalam berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia atau penyebaran agama Islam.

 

Kegiatan yang berjalan cukup hikmat tersebut dihadiri oleh bapak Kades Paino beserta perangkat desanya, beliau mewakili pemdes sangat mendukung sekali bahkan menghimbau agar kegiatan seperti ini perlu di pertahankan dalam nguri-nguri tradisi budaya leluhur dan sangat mengapresiasi sekali dalam keguyup rukunan yang ditunjukan oleh warga dukuh karang kemiri Desa Selokerto dan sangat berterima kasih kepada bapak ketua RT 02 dan segenap warga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter